INTEGRASI LAYANAN PRIMER (ILP) KABUPATEN NGAWI DILUNCURKAN

Padas 11 September 2024, pelaksanaan kick off Integrasi Layanan Primer (ILP) secara resmi diluncurkan oleh Bupati Ngawi H.ONY ANWAR HARSONO,S.T.,M.H di halaman kantor desa Simo Kecamatan Kwadungan Kabupoaten Ngawi. Integrasi layanan primer ini merupakan salah satu dari enam pilar transformasi bidang kesehatan di Indonesia. Menurut Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 2015 Tahun 2023, ILP adalah Sebuah upaya untuk menata dan mengoordinasikan berbagai pelayanan kesehatan primer dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga dan masyarakat. ILP dilaksanakan sepanjang proses, mulai dari janin, lahir, remaja, dewasa, dan tua. Integrasi layanan primer bertujuan untuk mendekatkan akses dan pelayanan kesehatan yang bersifat promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan/atau paliatif pada setiap fase kehidupan secara komprehensif dan berkualitas bagi masyarakat. Dengan menitikberatkan pada:

  • penguatan promotif dan preventif melalui pendekatan pada setiap fase kehidupan dengan tetap menyelenggarakan kuratif, rehabilitatif dan paliatif;
  • pendekatan pelayanan kesehatan melalui sistem jejaring pelayanan kesehatan primer mulai dari tingkat kecamatan, desa/kelurahan, dusun, rukun warga, rukun tetangga; dan
  • penguatan Pemantauan Wilayah Setempat (PWS) melalui digitalisasi dan pemantauan dengan dashboard
    situasi kesehatan per desa/kelurahan, serta kunjungan keluarga/kunjungan rumah.

Integrasi Pelayanan kesehatan primer dilaksanakan di Puskesmas, jejaring dan jaringan pelayanan kesehatan primer. Sasaran ILP mencakup ibu hamil, persalinan, nifas, bayi dan anak prasekolah,  usia sekolah dan remaja, usia dewasa, dan usia tua. Hadir dalam acara ini Bupati Ngawi, Kepala balai Kemenkes Yogyakarta, Kepala Organisasi Perangkat Daerah kabupaten Ngawi, kepala Desa se wialyah Timur Ngawi dan tamu undangan lainnya. Bupati Ngawi ONY ANWAR HARSONO,S.T.,M.H. dalam sambutannya mendukung dan siap berintegrasi dalam memberikan layanan kesehatan bagi warga Ngawi, Lanjutnya meminta kepada kepala Desa untuk selalu memberikan mitigasi dan sosialisasi diwilayahnya dan selalu bersinergi dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat diwilayahnya dengan bekerjasama dengan layanan kesehatan / puskesmas diwilyahnya.

Pun demikian hal yang sama disampaikan oleh dr.MOCH.BUDI HIDAYAT,M.Kes (Kepala balai Kemenkes Yogyakarta) dalam acara yang sama. Beliau menyampaikan Pelayanan primer merupakan pelayanan yang dekat dengan masyarakat.Beliau mengapresiasi kegiatan ini, bahwa dengan adanya 24 PKM yang ada di Ngawi telah melaksnakan kegiatan Intergrasi layanan Primer ini. sehingga diharapkan segala keluhan masyarakat tentang kesehatan dapat diselesaikan dengan integrasi dan kerjasama yang baik antar lini sehingga kesehatan masyarakat tetap terjaga.

menurut kepala Dinas kesehatan kabupaten Ngawi dr.YUDONO,M.Kes, bahwa pelaksanaan Intergrasi layanan Primer (ILP) di kabupaten Ngawi telah dilaksanakan mulai awal Juni 2024 kemarin di 24 PKM yang ada dingawi dengan tujuan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link