PELATIHAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG) PEMBUATAN AGEN HAYATI DESA MUNGGUT TAHUN ANGGARAN 2023

Guna mendukung Program Bupati Ngawi dalam rangka Peningkatan Produksi Tanaman Pangan melalui dukungan terhadap Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PRLB) setiap desa wajib menganggarkan kegiatan yang mendukung program tersebut  melalui BIMTEK Pengenalan Teknologi Tepat Guna untuk peningkatan SDM dan pengembangan pendidikan vokasi Pertanian ramah lingkungan paling sedikit Rp.10.000.000,-. Kedalam APBDesa Tahun Anggaran 2023, dimana pelaksanaan BIMTEK Pengenalan Teknologi Tepat Guna meliputi Materi pengurangan penggunaan pupuk kimia juga praktek pembuatan Mol yang hemat biaya namun ramah lingkungan juga bisa mengembalikan kesuburan tanah akibat sudah terkontaminasi Pupuk Kimia dan Pestisida Kimia. Dalam Pelaksanaan BIMTEK dihadiri Bapak Sekretaris Camat Padas Bapak Eko Purwanto,S.P,M.P., PPL Balai Penyuluhan Pertanian dan Perikanan Wilayah Padas Bapak Dwi Setyono,SP dari Polsek diwakili Bhabinkamtibmas , dari Koramil diwakili Babinsa dan Pendamping Desa serta Kades diwakili Bapak Sekretaris Desa dan Perangkat Desa Munggut juga Ketua dan Anggota Kelompok Tani Desa Munggut.

Sambutan pertama Sekretaris Desa Bapak Supriyono, mengucapkan terima kasih atas kehadirannya serta menyampaikan paparan tentang pentingnya pupuk organik untuk menjaga kelestarian dan kesuburan tanah

Sambutan Kedua Bapak Sekretaris Camat Padas bapak Eko Purwanto,S.P,M.P. menyampaikan dukungan terhadap kegiatan ini yang juga merupakan prioritas Bapak Bupati Ngawi guna menjaga kelestarian tanah melalui program Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PRLB) selain murah dan mudah karena tersedia di alam sekitar, tanah kalau sering menggunakan pupuk dan pestisida kimia lama kelamaan tanah akan mati kalau tidak di kasih dosis yang lebih dalam pemupukan dan pengobatan tananaman yang ada tidak akan berkembang dengan subur.

Sambutan Ketiga PPL Balai Penyuluhan Pertanian dan Perikanan Wilayah Padas menyampaikan bahwa kegiatan TTG sudah berjalan dari tahun kemarin untuk kegiatan hari ini adalah tindaklanjut dari kegiatan tahun kemarin untuk selalu ditingkatkan dan diharapkan wilayah Padas bisa membentuk Agen Mol setiap desa 1 agen mol yang dipelopori oleh Gapoktan atau Kelompok Tani.

Setelah acara pembukaan Pelatihan TTG dilanjutkan dengan Proses pembuatan Mol dan Agen Hayati lainnya.

  • Semoga dengan Pelatihan berkelanjutan ini semakin membantu Petani dalam Mempertahankan Ketahanan Pangan Kabupaten Ngawi.
  • Pem.Padas

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link