PERINGATI HARI OLAHRAGA NASIONAL KE-41 DHARMA WANITA PERSATUAN KABUPATEN NGAWI GELAR SENAM BERSAMA DAN EDUKASI TENTANG REPRODUKSI WANITA

Padas, 13 September 2024, memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-41 Dharwa Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Ngawi menggelar rapat pleno yang dikemas dengan olahraga bersama dilanjutkan dengan edukasi tentang Organ reproduksi Wanita. Ibu Ketua DWP Kabupaten Ngawi Ibu Siti Zubaidah Moch Sodiq dalam rapat pleno ini mengingatkan tentang pentingnya menjaga kesehatan baik kesehatan reproduksi wanita dan juga menjaga kebugaran badan dengan rutin berolahraga.

Dalam Acara ini Kecamatan Padas diwakili oleh ibu Tutik Eko Purwanto wakil ketua DWP Kecamatan Padas hadir bersama 1 orang anggota. Dalam acara ini juga dilaksanakan Edukasi tentang kesehatan organ reproduksi wanita , dimana pemateri dalam hal ini adalah drg. Retno Dewi Sulistiorini., MM. KMK dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi. Dalam Paparannya drg. Retno mengangkat tema “Pentingnya Pemeriksaan IVA dan Papsmear untuk kesehatan reproduksi wanita”, yaitu dengan cara melakukan inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) sebagai upaya pencegahan kanker serviks pada wanita usia reproduksi. Hal ini dikarenakan Kanker serviks merupakan penyebab kematian tertinggi kedua pada wanita di Indonesia. Kanker serviks terjadi ketika sel-sel abnormal berkembang di dalam serviks atau leher rahim. Untuk penanggulangan kaker serviks salah satunya adalah deteksi dini dengan melakukan pemeriksaan IVA dan Papsmear.

paling bisa diobati jika ditemukan dan ditindaklanjuti secara dini

Kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papiloma Virus)

Hampir semua kasus dapat dicegah dengan imunisasi, deteksi dini dan tindak lanjut dini lesi prakanker

di akhir acara rapat pleno demi kesehatan dan kebugaran dan juga untuk memperingati hari nolahraga nasional dilakukan senam bersama. Dokumentasi kegiatan adalah sebagai berikut :

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link