MELESTARIKAN BUDAYA LOKAL DESA

Padas, 15 Februari 2023. Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat jawa. Ritual bersih desa telah di lakukan berabad-abad lamanya, bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam, ritual bersih desa merupakan salah satu wujud syukur warga masyarakat desa dengan apa yang telah Allah berikan kepada kita semua. Seperti halnya yang dilakukan warga yang ada di Dusun Pancuran Desa Pacing Kecamatan Padas, warga dengan penuh suka cita berbondong- bondong ke lokasi yang biasa untuk melaksanakan tradisi bersih desa.

Lokasi bersih desa berada di tengah dusun dan berupa sumber mata air yang diandalkan warga terdahulu untuk minum, mandi dan keperluan lainnya yang masyarakat menyebutnya dengan nama sendang. Warga mengungkapkan kegembiraan dengan menyajikan makanan dari hasil bumi yang telah mereka tanam.

Kali ini ada yang berbeda dengan bersih desa ini, karena Bupati Ngawi yang secara langsung mengikuti prosesi bersih desa di Dusun Pancuran Desa Pacing. Beliau sangat merespon kegiatan yang melestarikan budaya leluhur ini dan berharap budaya ini tetap dipertahankan. Tampak hadir pula jajaran Forkopimcam Padas yang juga mengikuti rangkaian acara bersih desa ini

Rangkaian acara bersih desa selanjutnya adalah pagelaran seni budaya jawa yaitu seni tayub. Warga bersyukur karena diberikan kesehatan, murah sandang dan pangan serta dijauhkan dari musibah dan marabahaya. Harapannya dengan dilaksanakan bersih desa ini warga semua senantiasa mendapat hidayah, dimudahkan segala hal dan senantiasa mendapatkan perlindungan Allah S.W.T .

__tramtib_pds__

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link