MUSDES PENETAPAN PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2023 dan MUSRENBANGDESSUS PENYUSUNAN APBDESA dan PERUBAHAN RKPDESA TAHUN 2023

Senin, 06 Februari 2023 dan kamis 09 Februari 2023 Pemerintah Desa se-Kecamatan Padas melaksanakan musyawarah desa (MUSDES) Penetapan prioritas Dana Desa tahun 2023 dan Musrenbangdessus penyusunan APBDes dan Perubahan RKPDesa tahun anggaran 2023, bertempat di Balai Desa masing-masing. Musdes ini dihadiri oleh , Tim Kecamatan, BPD dan anggota, LPMD, RT/RW, KPMD, PKK, Bidan desa, PD, PLD, pengurus BUMDES dan tokoh masyarakat.

Pelaksanakan MUSDES dan MUSRENBANGDESSUS ini mengacu pada Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan desa dan Permendesa PDTT nomor 16 tahun 2019 tentang musyawarah desa. MUSDES APBDes bertujuan untuk menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa se-Kecamatan Padas untuk tahun anggaran 2023. Sedangkan MUSRENBANGDESSUS bertujuan untuk menyesuaikan kegiatan yang akan berjalan di tahun 2023 ini dikarenakan ada perubahan kegiatan yang bersumber dari Bantuan Keuangan (BK).

Camat Padas Dodi Aprilasetia, S.Hut, M.Si dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan peserta musdes yang telah melaksakan dan meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan Prioritas penggunaan Dana Desa, antara lain Operasional Pemerintahan Desa 3% dari Dana Desa, Pemerintah Desa wajib menganggarkan minimal 10% dan maksimal 25% dari Dana Desa untuk BLT DD yang dikhususkan warga dengan kemiskinan ektrim, Ketahanan pangan minimal 20% dari Dana Desa serta Prioritas lain sesuai dengan kewenangan Desa. Selain itu juga menganggarkan RTLH untuk Masyarakat Miskin dan juga BPJS Ketenagakerjaan bagi anggota BPD.

Diakhir kegiatan MUSDES dan MUSRENBANGDESSUS dilaksanakan penandatanganan Berita Acara. Proses penyusunan APBDes tentunya tidak mudah untuk memenuhi keinginan semua masyarakat, tapi paling tidak mendahulukan kegiatan yang paling prioritas, dan untuk kegiatan yang belum terdanai tahun ini bisa diajukan kembali tahun berikutnya.

MEMBANGUN DESA DENGAN PERENCANAAN YANG BAIK

AKAN MENGHASILKAN KEGIATAN YANG BERKWALITAS.

Pem…..

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link