Rapat Kerja Nasional Camat Secara Daring

Padas, 23 Juni 2023. Dengan diikuti oleh seluruh camat, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Kewilayahan (Adwil) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Camat, Sosialisasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) PIU 1D dan Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) Tahun 2023 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (23/6/2023).
Disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA, agenda Rakernas Camat kali ini dirangkaikan sekaligus dengan tiga kegiatan besar, yaitu:

  1. Project Implementasi Unit (PIU) 1-D dalam mendukung Penguatan Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD).
  2. Peluncuran Program KENCANA (Kecamatan tangguh bencana).
  3. Rakernas ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah 2024.

Rakernas Camat tahun 2023 ini merupakan penguatan kapasitas camat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pembinaan dan pengawasan yang mampu merubah model desa yang kovensional menjadi desa yang modern dan berkinerja tinggi serta maju. Camat menjadi garda terdepan dalam membina dan mengawasi setiap desa,” ujar Safrizal.
Sebelum mendengarkan arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian kepada Peserta Rakernas Camat se-Indonesia yang sekaligus membuka Sosialisasi P3PD PIU 1D Frontline Service Delivery, dirangkai Rakernas Camat Dalam Mendukung Pelaksanaan Pemilu Dan Pilkada Serentak 2024, dilakukan Penandatanganan Komitmen 60 Bupati terhadap Program Kegiatan P3PD yang diwakilkan oleh tiga Bupati.
Kemudian dilanjutkan launching “Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana” yang secara simbolis dilakukan pemakaian rompi kepada 3 perwakilan camat oleh Menteri Dalam Negeri dan pemutaran video Program Kencana.
Selanjutnya, peserta Rakernas mendengarkan Diskusi Panel dengan materi dari sejumlah narasumber, diantaranya: Ketua Komisi II DPR RI, Kepala BIN, Sekjen Kemendagri, Irjen Kemendagri, Dirjen Polpum Kemendagri, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Deputi Bappenas, dan disampaikan kesimpulan serta rekomendasi Rakernas oleh Plt. Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerja Sama yang kemudian ditutup Dirjen Bina Adwil Kemendagri.

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link