KESIAPAN DALAM MENYAMBUT DATANGNYA MUSIM PENGHUJAN

Tingginya curah hujan yang terjadi akhir-akhir ini, mau tidak mau membuat kita meningkatkan kewaspadaan, pencegahan mulai dini lebih baik kita lakukan.

Sebagai langkah antisipasi datangnya musim penghujan dihimbau untuk masyarakat Kecamatan padas khususnya, karena sudah terjadi kurang lebih 3 kali terjadi hujan disertai angin puting beliung (Desa Sukowiyono, Padas, Pacing, Munggut dan Bendo) dan banjir rob (Desa Padas, Kwadungan dan Munggut).

Himbauan kepada masyarakat Kecamatan padas :

  1. Apabila ada pohon yang lapuk atau doyong dan miring di dekàt rumah atau halaman yang dekat dengan rumah untuk di potong agar apabila terjadi hujan angin dapat meminimalkan terjadinya bencana alam.
  2. Saluran air, selokan sekitar tempat tinggal untuk dijaga kebersihan dan dibersihkan apabila ada sampah yang menyumbat.
  3. Kepedulian dan kebiasaan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan hendaknya membuang sampah pada tempatnya. Apabila memungkinkan dibuat lubang/joglangan tempat sampah di belakang rumah, apabila sudah penuh ditutup dan membuat lagi tempat sampah yang baru.

Dari kepedulian-kepedulian kecil suatu keluarga, diharapkan menular ke tingkat RT, dusun akhirnya ke tingkat desa dan seterusnya. Toh apabila lingkungan bersih dan bebas banjir masyarakat sendiri yang menikmati. Smoga bermanfaat.

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link