OPD KECAMATAN PADAS TELAH MENERAPKAN SISTEM EXCELLENT SERVICE ATAU PELAYANAN PRIMA

Excellent Service atau disebut juga Pelayanan Prima yaitu melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada masyarakat, sehingga masyarakat menjadi puas. Secara umum tujuan pelayanan prima yaitu memberikan pelayanan sehingga bisa memenuhi dan memuaskan para masyarakat desa. Manfaat dari pelayanan prima salah satunya untuk upaya meningkatkan kualitas pelayanan umum di OPD Kecamatan kepada masyarakat, serta dapat menjadi acuan untuk pengembangan penyusunan standar pelayanan. Standar pelayanan dapat diartikan sebagai tolak ukur atau patokan yang digunakan untuk melakukan pelayanan.

Pelayanan disebut prima jika masyarakat sudah merasa puas dan sesuai dengan harapan yang di inginkan masyarakat. Konsep pelayanan prima ada 3 (tiga) macam yaitu :
  1. Konsep Sikap / attitude : sikap yang harus dimiliki diantaranya sikap yang ramah, penuh perhatian, dan memiliki rasa bangga. Harus diperhatikan juga pegawai harus berpenampilan menarik dan sopan sesuai peraturan OPD Kecamatan.
  2. Konsep Perhatian / Attention : saat melakukan pelayanan kepada masyarakat, maka perlu memperhatikan dan mencermati keinginan masyarakat. beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam konsep ini seperti mengucap salam saat memulai pembicaraan, bertanya apa yang diinginkan masyarakat, memahami keinginan masyarakat, melakukan pelayanan dengan ramah, tepat dan cepat serta harus memperhatikan kepentingan masyarakat menjadi yang paling utama, karena masyarakat adalah raja.
  3. Konsep Tindakan / Action : dalam konsep tindakan, misalnya seorang pegawai bagian pelayanan harus selalu memperhatikan dan mencermati apa yang menjadi keinginan masyarakat.

beberapa bentuk pelayanan pada konsep ini misalnya seperti mencatat permohonan pelayanan yang di inginkan masyarakat, menegaskan atau mengecek kembali surat permohonan masyarakat, menyelasaikan permohonan pelayanan masyarakat dan sikap yang ramah, penuh perhatian, memiliki rasa bangga yang ditunjukkan oleh petugas. kita melakukan dengan sepenuh hati, penuh perhatian, kemudian melakukan tindakan dengan mencatat hasil dari pelayanan pada masyarakat dan akhirnya petugas menyelesaikan pekerjaan dengan baik sehingga kepuasan masyarakat dapat tercapai.

by ast

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link