PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI BBM PROGRAM SEMBAKO DAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI DESA PADAS

Sesuai surat dari Pos Indonesia Nomor : 1172/jaryankung/PDKP/2/1122 tentang Pemberitahuan penyaluran BLT BBM, Program Sembako dan PKH Bulan November Tahun 2022, untuk 12 desa yang ada di wilayah Kecamatan Padas terdapat 5.439 penerima manfaat. Jadwal penyaluran bantuan sosial di Kecamatan Padas dimulai pada hari Kamis tanggal 24 November 2022 sampai dengan 29 November 2022. Untuk penyularan hari pertama yaitu Desa Kwadungan Lor dan Desa Padas yang dilaksanakan pada Tanggal 24 November 2022. Penyaluran ini meliputi Bantuan Langsung Tunai BBM, Program Sembako dan Program Keluarga Harapan. Pelaksanaan untuk jam pertama kegiatan ini adalah Desa padas dengan Jumlah penerima bansos sebanyak 247orang.

Penerima bansos ini mencakup warga miskin, lansia dan keluarga yang memiliki anak sekolah. Dengan penyaluran bansos ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat yang saat ini sedang mengalami kesulitan ekonomi dampak dari wabah covid 19 dan dampak gagal panen yang disebabkan banyak faktor misal wereng, tikus dan banjir.

Di penyaluran bansos ini ikut berperan juga pihak OPD Kecamatan Padas, dalam hal ini yang bertugas mengawasi penyaluran bansos adalah Kasi Kesos Bapak Warto, S.Sos. Sesuai tugas pokok dan fungsi Kasi Kesos salah satunya adalah pembinaan, pengawasan dan pelaporan atas bantuan sosial di masyarakat, maka Kasi Kesos berkewajiban mengawal bansos ini tersalurkan dan tersampaikan ke keluarga penerima manfaat. Keluarga penerima manfaat Desa Padas sejumlah 247 orang semuanya hadir dan tersalurkan tanpa ada kendala dilapangan.

Untuk jadwal pelaksanaan jam kedua adalah Desa Kwadungan Lor. Didesa Kwadungan Lor ini jumlah penerima manfaat bansos ini sebanyak 603 orang. Seperti halnya di Desa Padas, keluarga penerima manfaat ini mencakup warga miskin, lansia dan keluarga yang memiliki anak sekolah.
Penyaluran di jam kedua ini waktunya cukup panjang karena jumlah penerimanya cukup banyak, hampir tiga kali lipat dari jumlah penerima di jam pertama tadi (Desa Padas). Di Desa Kwadungan Lor pelaksanaan penyaluran bansos cukup tertib, lancar dan aman.
Dengan demikian jadwal penyaluran bansos untuk hari pertama ini sudah terdistribusikan semua untuk 2 desa yaitu Desa Padas dan Kwadungan Lor dengan penerima manfaat keseluruhan adalah sejumlah 850 orang.

Narasi oleh Wrt/Tr

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link