SISWAS P3DN (sistem Pengawasan Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri)

Padas,16 Desember 2022 Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri ( P3DN ) merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor. Pelaksanaan P3DN ini bertujuan untuk memberdayakan industri dalam negeri, memperkuat struktur industri dalam negeri serta mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang / jasa pemerintah.

BPKP membuat sebuah aplikasi yang bernama Sistem Pengawasan Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (SISWAS P3DN) guna memonitor Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri , oleh karenanya , guna memastikan penyelesaian pengisian pada aplikasi tersebut, sehingga diselenggarakannya Bimbingan Teknis yang di dasari oleh Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam Rangka Mensukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan memperhatikan Surat Kepala BPKP Nomor : S-327/D3/01/2022 pada 28 April 2022.

Diselenggarakannya Bimtek SISWAS P3DN ini guna untuk penginputan pembelian barang pada aplikasi SISWAS yang mendukung pembelian produk dalam negeri. Dan setiap OPD dan Kecamatan PPK bertanggungjawab untuk mengawasi dan admin bertugas untuk menginput sesuai dengan produk buatan dalam negeri. dalam pengisian data P3DN ke dalam aplikasi SISWAS P3DN melalui tautan: https://siera.bpkp.go.id/p3dn dan menggunakan user PPK.

( keuangan )

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link