KTP DIGITAL

KTP Digital adalah Kartu Tanda Penduduk dalam bentuk aplikasi di smartphone (ponsel pintar) yang dilengkapi QR Code.

KTP jenis ini diproyeksikan menjadi identitas digital penduduk Indonesia pada masa mendatang. Direktorat Jendral Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil), Kemndagri berencana meluncurkan secara resmi KTP Digital untuk masyarakat umum di Indonesia yang sudah mulai berjalan di Tahun 2022.

Peluncuran KTP Digital dimulai pada Bulan April-Mei 2022. Sebagai uji penggunaan aplikasi di kalangan internal, dan mulai Oktober 2022 sudah diberlakukan pengajuan KTP Digital untuk masyarakat umum.

Uji coba KTP Digital sudah berlangsung di 58 Kabupatewn/Kota, seiring dengan semakin terjadi penyempurnaan sistem KTP Digital.

Sejalan dengan Program KTP Digital tersebut di Kecamatan Padas, mulai sedikit demi sedikit diperkenalkan pada kalayak masyarakat umum. Pada Hari Rabu Tanggal 8 Maret 2023 ini ada beberapa proses Penerapan KTP Digital.

Dari segi kepraktisan, KTP Digital sangat praktis dan ekonomis. Dihimbau pada masyarakat monggo untuk mengaplikasikan KTP Digital pada ponsel pintar, dan semoga kemajuan teknologi ini semakin membawa manfaat pada masyarakat.

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link