PROGRAM PERCEPATAN PENINGKATAN TATA GUNA AIR IRIGASI(P3-TGAI)

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program padat karya tunai dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN.

Dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi, serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah, Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo melalui Bidang PPK Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (P-SDA) III Satker Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air (P-SDA) melaksanakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) Tahun 2023 bertempat di wilayah Kecamatan Padas Desa Munggut Dusun Ngembak RT 02 RW 05. Kegiatan Sosialisasi dan Musdes dihadiri Tim Pendamping, HIPPA, TPK, Pihak Desa dan Masyarakat yang terdampak program diatas 30 undangan.

Dari Hasil musyawarah didapatkan hasil kesepakatan kurang lebih pembangunan Drainase sekitar 300 m dengan ketinggian 60 cm untuk lebar JUT 3m.

Program diatas sungguh diharapkan kaum petani karena sangat bermanfaat untuk peningkatan produksi pangan guna meningkatkan hasil panen terutama padi di wilayah Desa Munggut. “Kegiatan P3-TGAI juga melibatkan masyarakat sekitar irigasi dalam arti tidak hanya perbaikan sisi infrastruktur tetapi juga memberdayakan masyarakat petani secara terencana dan sistematis.

Keberhasilan P3-TGAI adalah hasil kerjasama yang baik dari berbagai pihak seperti pihak balai selaku pembuat kebijakan, TPM yang terjun langsung di lapangan, perangkat desa, para petani pemakai air dan lain-lain.

Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan berkesinambungan karena pajang JUT hampir 1 KM serta bermanfaat bagi kaum petani untuk meningkatan hasil produksi pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Amin

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link