BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI PENYUSUN LAPORAN KEUANGAN DAN KEPALA SUB BAGIAN UMUM

Pada tanggal 11 sampai dengan 13 Januari 2024 bertempat di hotel Solo Paragon surakarta dilaksanakan bimbingan teknis Penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Ngawi, kerjasama antara Badan Keuangan Kabupaten Ngawi dan sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Acara ini merupakan kegiatan pertama kali di tahun 2024 dimana peserta yang hadir dalam bimbingan teknis ini adalah para Penyusun laporan keuangan (Bendahara) dan Kepala Sub Bagian Umum di seluruh OPD se Kabupaten Ngawi, berdasarkan undangan nomor : 900.1.15.1/15/404.402/2024 tanggal 10 Januari 2024.

Dalam bimbingan teknis ini dimaksudkan agar dalam rangka percepatan penyusunan Laporan Keuangan SKPD Tahun Anggaran 2023 dan sosialisasi perubahan teknis kebijakan Akuntansi. Sebagai Pembicara adalah dari pihak sekolah Vokasi UNS selaku pihak ke tiga dalam acara ini.

Bimbingan teknis ini membahas tentang penyusunan laporan keuangan bagi Instansi Pemerintah. Pembahasan dimulai dengan penyusunan Jurnal pencatatan setiap Transaksi yang ada, dilanjutkan dengan penghitungan dan pencatatan persediaan, Aset baik aset tetap dan aset Tidak tetap, Kewajiban ( Hutang) sampai dengan hasil akhir berupa financial statement atau laporan keuangan atau dalam sistem Akuntansi pemerintahan disebut LRA (Laporan realisasi Akuntansi).

Aacara dibuka oleh Kepala Badan Keuangan Bpk.Ir.Tri Pujo Handono dan didampingi Kepala Bidang Aset dan dari Pihak sekolah Vokasi UNS. Adapaun dokumentasi kegiatan sebagaimana terdapat pada lampiran berikut ini.

Author: Admin Kecamatan Padas

https://drive.google.com/file/d/1nxfrXIvOmYR9QHa44eWD3xwOtxVdJMU3/view?usp=share_link